Senin, 04 Januari 2016

contoh Skenario pembelajaran IPS kelas 5 SD








Rounded Rectangle: Final Project
Rounded Rectangle: Nama :Hannah Sajidha
NIM : E1E214037
Kelas  : II/A Reguler Sore

 






SKENARIO PEMBELAJARAN

Tema               : 2. Peristiwa dalam Kehidupan

Subtema          :1. Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan

Pembelajaran   : 4

KD                 : 3.1 memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antara ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan social, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional.
                       4.1 Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan social, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia.

Kelas               : V (Lima)

Mapel              : IPS

Indikator         :
·   Menjelaskan pengertian manusia dalam konteks keruangan dan kewilayahan dalam aspek social, ekonomi dan pendidikan
· Menyusun laporan secara tertulis tentang manusia dalam konteks keruangan dan kewilayahan dalam asspek social, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional.

Pendekatan/    : Pendekatan saintifik/project based learning
Model
Pembelajaran

a.    Skenario Pembelajaran


Pert
Kegiatan
Kegiatan pembelajaran
Alokasi waktu
1
Pendahuluan
·      Guru membuka pelajaran dengan menyapa peserta didik dan menanyakan kabar mereka.
·      Guru mengajak siswa berdo’a  sesuai agama dan keyakinan masing-masing
·      Guru memeriksa kehadiran siswa
·      Guru menarik perhatian siswa dengan memperkenalkan kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan memperkenalkan materi yang akan dibahas yaitu tentang peristiwa penting berkembangnya kegiatan industri.
·      Guru menanyakan konsep dasar yang mereka tahu tentang kegiatan industri. Ini bertujuan meningkatkan kepercayaan diri siswa.
·      Guru memberikan contoh kegiatan industri yang ada dikehidupan nyata siswa.
·      Guru menjelaskan tentang KD dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai.

15 Menit

Kegiatan inti
Tahap 1(Penentuan Proyek): Menyampaikan proyek yang akan dikerjakan.
·      Guru mengajak siswa membaca teks bacaan tentang peristiwa berkembangnya usaha industri rumahan yang ada pada buku siswa.
·      Guru menstimulasi  siswa untuk bertanya  tentang informasi yang belum dipahami dari apa yang dibaca atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang dibaca.
·      Guru mengaitkan pelajaran dengan kehidupan nyata siswa, dengan menanyakan beberapa pertanyaan kepada siswa seperti:
1.      Bagaimana dengan lingkungan sekitarmu?
2.      Apakah ada pabrik disekitarmu?
·      Setelah itu siswa diminta menceritakan kepada teman sebangkunya tentang lingkungan sekitar rumahnya , adakah tempat usaha dilingkungan sekitarnya.
·      Setelah itu siswa diminta menyimak bacaan tentang peristiwa berkembangnya sentraindustri rumahan sehingga tebentuklah pertanyaan seperti:
 “ Apa sajakah dampak negatif dan positif dari kegiatan industri

Tahap 2 (Perancangan Langkah-langkah penyelesaian proyek) : mengorganisir peserta dalam kelompok belajar
·      Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang
·      Siswa diminta menyusun laporan tertulis tentang dampak positif dan negatif dari kegiatan industri dengan cara melakukan pengamatan dan wawancara mengenai kegiatan industri yang ada dilingkungan sekitar
·      Masing-masing kelompok menentukan kegiatan industri apa yang akan mereka amati dan wawancarainya.

Tahap 3 (penyusunan jadwal pelaksanaan proyek)
·      Dengan bimbingan guru, siswa membagi tugas dalam setiap kelompoknya agar laporan tersebut diselsaikan dalam batas waktu yang telah ditentukan

Tahap 4 (penyelesaian proyek) membantu melakukan penggalian informasi dalam mengerjakan proyek
·      Siswa secara berkelompok menyusun daftar pertanyaan yang akan mereka ajukan kepada narasumber yang akan mereka wawancarai.
·      Guru berkeliling memastikan siswa memahami instruksi yang diberikan dan memberikan bantuan kepada siswa yang menemui kesulitan
·      Kelompok yang sudah selsai menyusun daftar pertanyaan selanjutnya akan melakukan wawancara dengan orang-orang yang ada di lingkungan kegiatan industri, baik itu pemilik industri, karyawan/pekerja, maupun masyarakat yang tinggal disekitar tempat kegiatan industri
·      Ketika siswa sedang melakukan wawancara, siswa yang lain dalam satu kelompok diminta untuk mengamati perbedaan dan persamaan dari dampak positif dan negatif kegiatan industri yang disampaikan oleh setiap narasumber.

Tahap 5 (Penyusunan Laporan Proyek)
·      Setelah wawancara selesai dilakukan, siswa kembali ke ruang kelas
·      Setelah itu siswa menyusun hasil wawancara/ jawaban yang mereka dapatkan dari setiap narasumber
·      Siswa diminta untuk membaca sumber lain mengenai dampak positif dan negatif kegiatan industri. Sumber bacaan bisa dari perpustakaan/ internet/ artikel yang disediakan guru/ atau buku siswa
·      Setelah mendapatkan informasi lebih tentang dampak positif dan negatif kegiatan industri, siswa secara berkelompok membuat laporan hasil wawancara dan pengamatan.

Tahap 6 (Publikasi Hasil Proyek)
·      Perwakilan setiap kelompok mempresentasikan hasil laporannya di depan kelas.

Tahap 7 (Evaluasi Proses dan Hasil Proyek)
·      Siswa diberi kesempatan menyampaikan pengalamannya selama menyelesaikan tugas proyek ini
·      Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan tentang dampak positif dan negatif kegiatan industri.
145 menit

Penutup
·      Guru dan siswa melakukan refleksi terhadap keseluruhan pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengajukan petanyaan kepada beberapa siswa untuk  Mengecek kembali sejauh mana materi telah dikuasai, dan materi mana yang masih samar-samar atau sama sekali belum dipahami
·      Bersama-sama siswa menyimpulkan hal-hal penting tentang materi peristiwa penting berkembangnya kegiatan industri yang telah dipelajari tadi.
·      Untuk mengahiri pertemuan pada hari ini guru menagajak siswa bero’a sesuai agama dan kepercayaan masing-masing
15menit


b.   Penilaian
1.    Tes
Soal
1.      Sebutkan masing-masing 6 dampak negative dan positif dari kegiatan industri!
2.      Jelaskan pengertian dari kegiatan industri! Dan sebutkan contoh kegiatan industri!
3.      Apa saja bentuk-bentuk industri? Dan berikan contohnya!

Pedoman Penskoran
No
Jawaban
Skor
Rubric
SM
1
Dampak positif
1.    Bisa menghasilkan banyak barang untuk kebutuhan manusia
2.    Meningkatkan pendapatan masyarakat
3.    Meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar industri dan merangsang masyarakat meningkatkan pengetahuan industri
4.    Memperluas lapangan pekerjaan bagi penduduk.
5.    Mengurangi ketergantungan akan barang luar negeri
6.    Memperbesar kegunaan bahan mentah

Dampak negative
1.    Adanya polusi udara dari asap industri
2.    Adanya pencemaran air dari limbah pabrik
3.    Banyaknya sumber daya alam yang rusak karena industri
4.      Banyaknya lahan pertanian yang hilang karena digunakan untuk industri
5.      Akibat dari pncemaran, banyak menimbulkan kematian bagi binatang-binatang, manusia dapat terkena penyakit, hilangnya keindahan alam dan lain-lain.
6.    Terjadinya arus urbanisasi

50
Jika jawaban benar dan lengkap
50
40
Jawaban lengkap tetapi tidak semuanya benar
30
Jika dijawab salah satu dari dampak positif dan negatifnya
10
Jika dijawab hanya masing-masing 3 atau 4.
10
Jika jawaban salah
    2
Industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau bahan setengah jadi menjadi barang jadi, barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Hasilnya berupa barang dan jasa.
Contoh: perajin sepatu, mebel, alat rumah tangga dan tahu tempe.
25
Jika jawabannya benar dan lengkap menyebutkan contoh kegiatan industri
25


15
Jika hanya menjawab pengertian kegiatan industrinya saja
10
Jika jawabannya industri adalah suatu usaha yang menghasilkan barang dan jasa.
5
Jika jawaban salah
3
Bentuk-bentuk industri:
a.     Industri kecil (home industri) adalah industri berskala kecil
Contoh: pengrajin sepatu, mebel, alat-alat rumah tangga, tempe, tahu
b.     Industri besar adalah industri yang bermodal besar dan memiliki banyak tenaga kerja
Contohnya: perusahaan tekstil, mobil, semen, elektronik
25
Jika jawabannya benar dan lengkap menyebutkan contoh kegiatan industri
25
15
Jika jawaban benar tetapi tidak disertai contoh

10
Jika jawabannya tanpa penjelasan dan ada contohnya

5
Jika jawaban salah

TOTAL SKOR
100


2.      Nontes
a.      Bentuk
Bentuknya penilaian produk (membuat peta pikiran dampak positif dan negative kegiatan industri).

b.      Kompetensi yang dinilai
a)      Pengetahuan peserta didik tentang dampak positif dan negative kegiatan industri
b)      Keterampilan peserta didik dalam mencari informasi dari teks bacaan
c)      Keterampilan peserta didik dalam menyajikan informasi dalam bentuk peta pikiran
d)     Sikap kemandirian peserta didik dalam menyelsaikan tugas.

c.       Kisi-kisi instrumen
Mata Pelajaran        : IPS
Materi Pokok          : Peristiwa Penting Berkembangnya Kegiatan Industri
Kelas/Semester       : V(lima)/I (satu)

Variabel
Indikator
Sub Indikator (deskriptor)
Produk berupa peta pikiran
Isi dan Pengetahaun
·         Peta pikiran lengkap berisikan pemahaman siswa tentang materi
·         Keseluruhan materi mudah dibaca dan dipahami
·         Menambahkan gambar untuk melengkapi

Sikap
·         Peta pikiran dibuat dengan lengkap, mandiri, cermat dan teliti
·         Diselsaikan sesuai batas waktu yang ditentukan
·         Menambah kreatifitas untuk menjelaskan materi
Keterampilan menulis
·         Peta pikiran yang sangat menarik, jelas dan benar
·         Keterampilan membuat  peta pikiran
·         Membuat peta pikiran yang tinggi dari pembuatnya.

d.      Instrumen evaluasi produk
Mata Pelajaran        : IPS
Materi Pokok          : Peristiwa Penting Berkembangnya Kegiatan industri
Kelas/Semester        : V(Lima)/ I (satu)
Kelompok               :

No
Aspek Penilain
Skor Max
Capaian
Baik sekali
Baik
Cukup
Kurang
1
Isi dan Pengetahuan
4




2
Sikap
4




3
Keterampilan Penulisan
4




Jumlah
12




% Capaian


e.       Aspek dan rubric penilaian
Aspek
Baik sekali
Baik
Cukup
Kurang
4
3
2
1
Isi dan pengetahuan
Peta pikiran lengkap dan berisikan pemahaman peseta didik tentang materi. Keseluruhan materi mudah dibaca dan dipahami. Peserta didik menambahkan gambar untuk melengkapi peta pikiran.
Peta pikiran lengkap dan berisikan pemahaman peserta didik tentang materi. Keseluruhan materi mudah dipahami.
Peta pikiran sebagian lengkap dan berisikan pemahaman peserta didik tentang materi . sebagian besar materi mudah dipahami
Peta pikiran sebagian lengkap dan berisikan pemahaman peserta didik tentang materi. Beberapa bagian sari materi mudah dipahami
Sikap
Peta pikiran dibuat dengan lengkap, mandiri, cermat, dan teliti, diselsaikan sesuai batas waktu, dengan beberapa penambahan kreatifitas untuk menjelaskan materi.
Keseluruhan peta pikiran dibuat dengan mandiri lengkap, cermat, dan teliti, diselsaikan sesuai batas waktu yang diberikan
Sebagian besar peta pikiran dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat, dan teliti, diselsaikan sesuai batas waktu yang diberikan
Hanya beberapa bagian peta pikiran dibuat dengan  mandiri, lengkap, cermat, dan teliti, diselsaikan selsaikan sesuai batas waktu yang diberikan
Keterampilan  penulisan
Keseluruhan peta pikiran yang sangat menarik, jelas dan benar, menunjukkan keterampilan membuat peta pikiran yang tingggi dari pembuatnya
Keseluruhan peta pikiran yang menarik, jelas dan benar, menunjukkan keterampilan membuat peta pikiran yang baik dari pembuatnya
Sebagian besar peta pikiran yang dibuat dengan menarik, jelas, dan benar, menunjukkan keterampilan membuat peta pikiran yang terus berkembang dari pembuatnya
Bagian-bagian peta pikiran yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar, menunjukkan keterampilan membuat peta pikiran yang dapat terus ditingkatkan

4 komentar:

MAKALAH MASALAH PENDIDIKAN DI INDONESIA DAN SOLUSINYA

MAKALAH DASAR-DASAR KEPENDIDIKAN TENTANG MASALAH PENDIDIKAAN DI INDONESIA DAN SOLUSINYA ...