SKENARIO
PEMBELAJARAN
Tema : 2. Peristiwa dalam Kehidupan
Subtema :1. Macam-macam Peristiwa dalam
Kehidupan
Pembelajaran : 4
KD : 3.1 memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia
dalam ruang, konektivitas antara ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya
dalam kehidupan social, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional.
4.1 Menyajikan hasil
pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang,
konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan
social, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari
sumber-sumber yang tersedia.
Kelas : V (Lima)
Mapel :
IPS
Indikator :
· Menjelaskan
pengertian manusia dalam konteks keruangan dan kewilayahan dalam aspek social,
ekonomi dan pendidikan
· Menyusun laporan
secara tertulis tentang manusia dalam konteks keruangan dan kewilayahan dalam
asspek social, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional.
Pendekatan/ : Pendekatan saintifik/project based
learning
Model
Pembelajaran
a. Skenario Pembelajaran
Pert
|
Kegiatan
|
Kegiatan pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
·
Guru membuka
pelajaran dengan menyapa peserta didik dan menanyakan kabar mereka.
·
Guru mengajak siswa berdo’a sesuai agama dan keyakinan masing-masing
·
Guru memeriksa kehadiran siswa
·
Guru menarik perhatian siswa dengan memperkenalkan
kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan
memperkenalkan materi yang akan dibahas yaitu tentang peristiwa penting
berkembangnya kegiatan industri.
·
Guru menanyakan konsep
dasar yang mereka tahu tentang kegiatan industri. Ini bertujuan meningkatkan
kepercayaan diri siswa.
·
Guru memberikan
contoh kegiatan industri yang ada dikehidupan nyata siswa.
·
Guru menjelaskan
tentang KD dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai.
|
15
Menit
|
|
Kegiatan
inti
|
Tahap 1(Penentuan Proyek): Menyampaikan proyek yang akan dikerjakan.
·
Guru mengajak siswa membaca teks bacaan tentang
peristiwa berkembangnya usaha industri rumahan yang ada pada buku siswa.
·
Guru menstimulasi siswa untuk bertanya tentang informasi yang belum dipahami dari
apa yang dibaca atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang dibaca.
·
Guru mengaitkan
pelajaran dengan kehidupan nyata siswa, dengan menanyakan beberapa pertanyaan
kepada siswa seperti:
1.
Bagaimana dengan
lingkungan sekitarmu?
2.
Apakah ada pabrik
disekitarmu?
·
Setelah itu siswa
diminta menceritakan kepada teman sebangkunya tentang lingkungan sekitar
rumahnya , adakah tempat usaha dilingkungan sekitarnya.
·
Setelah itu siswa
diminta menyimak bacaan tentang peristiwa berkembangnya sentraindustri
rumahan sehingga tebentuklah pertanyaan seperti:
“ Apa sajakah dampak negatif dan
positif dari kegiatan industri”
Tahap 2 (Perancangan Langkah-langkah penyelesaian proyek) : mengorganisir
peserta dalam kelompok belajar
·
Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang
·
Siswa diminta
menyusun laporan tertulis tentang dampak positif dan negatif dari kegiatan
industri dengan cara melakukan pengamatan dan wawancara mengenai kegiatan
industri yang ada dilingkungan sekitar
·
Masing-masing
kelompok menentukan kegiatan industri apa yang akan mereka amati dan
wawancarainya.
Tahap 3
(penyusunan jadwal pelaksanaan proyek)
·
Dengan bimbingan
guru, siswa membagi tugas dalam setiap kelompoknya agar laporan tersebut
diselsaikan dalam batas waktu yang telah ditentukan
Tahap 4
(penyelesaian proyek) membantu melakukan penggalian informasi dalam
mengerjakan proyek
·
Siswa secara
berkelompok menyusun daftar pertanyaan yang akan mereka ajukan kepada
narasumber yang akan mereka wawancarai.
·
Guru berkeliling
memastikan siswa memahami instruksi yang diberikan dan memberikan bantuan
kepada siswa yang menemui kesulitan
·
Kelompok yang
sudah selsai menyusun daftar pertanyaan selanjutnya akan melakukan wawancara
dengan orang-orang yang ada di lingkungan kegiatan industri, baik itu pemilik
industri, karyawan/pekerja, maupun masyarakat yang tinggal disekitar tempat
kegiatan industri
·
Ketika siswa
sedang melakukan wawancara, siswa yang lain dalam satu kelompok diminta untuk
mengamati perbedaan dan persamaan dari dampak positif dan negatif kegiatan
industri yang disampaikan oleh setiap narasumber.
Tahap 5
(Penyusunan Laporan Proyek)
·
Setelah wawancara
selesai dilakukan, siswa kembali ke ruang kelas
·
Setelah itu siswa
menyusun hasil wawancara/ jawaban yang mereka dapatkan dari setiap narasumber
·
Siswa diminta
untuk membaca sumber lain mengenai dampak positif dan negatif kegiatan
industri. Sumber bacaan bisa dari perpustakaan/ internet/ artikel yang
disediakan guru/ atau buku siswa
·
Setelah
mendapatkan informasi lebih tentang dampak positif dan negatif kegiatan
industri, siswa secara berkelompok membuat laporan hasil wawancara dan
pengamatan.
Tahap 6 (Publikasi Hasil Proyek)
·
Perwakilan setiap
kelompok mempresentasikan hasil laporannya di depan kelas.
Tahap 7 (Evaluasi Proses dan Hasil Proyek)
·
Siswa diberi
kesempatan menyampaikan pengalamannya selama menyelesaikan tugas proyek ini
·
Siswa dengan
bimbingan guru menyimpulkan tentang dampak positif dan negatif kegiatan
industri.
|
145 menit
|
|
Penutup
|
·
Guru dan siswa melakukan refleksi terhadap
keseluruhan pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengajukan petanyaan kepada
beberapa siswa untuk Mengecek kembali
sejauh mana materi telah dikuasai, dan materi mana yang masih samar-samar
atau sama sekali belum dipahami
·
Bersama-sama siswa menyimpulkan hal-hal penting
tentang materi peristiwa penting berkembangnya kegiatan
industri yang telah dipelajari tadi.
·
Untuk mengahiri pertemuan pada hari ini guru
menagajak siswa bero’a sesuai agama dan kepercayaan masing-masing
|
15menit
|
b. Penilaian
1.
Tes
Soal
1.
Sebutkan
masing-masing 6 dampak negative dan positif dari kegiatan industri!
2.
Jelaskan pengertian
dari kegiatan industri! Dan sebutkan contoh kegiatan industri!
3.
Apa saja
bentuk-bentuk industri? Dan berikan contohnya!
Pedoman Penskoran
No
|
Jawaban
|
Skor
|
Rubric
|
SM
|
1
|
Dampak
positif
1.
Bisa
menghasilkan banyak barang untuk kebutuhan manusia
2.
Meningkatkan
pendapatan masyarakat
3.
Meningkatkan
ekonomi masyarakat sekitar industri dan merangsang masyarakat meningkatkan
pengetahuan industri
4.
Memperluas
lapangan pekerjaan bagi penduduk.
5.
Mengurangi
ketergantungan akan barang luar negeri
6.
Memperbesar
kegunaan bahan mentah
Dampak
negative
1.
Adanya
polusi udara dari asap industri
2.
Adanya
pencemaran air dari limbah pabrik
3.
Banyaknya
sumber daya alam yang rusak karena industri
4.
Banyaknya
lahan pertanian yang hilang karena digunakan untuk industri
5.
Akibat
dari pncemaran, banyak menimbulkan kematian bagi binatang-binatang, manusia
dapat terkena penyakit, hilangnya keindahan alam dan lain-lain.
6.
Terjadinya arus urbanisasi
|
50
|
Jika
jawaban benar dan lengkap
|
50
|
40
|
Jawaban
lengkap tetapi tidak semuanya benar
|
|||
30
|
Jika
dijawab salah satu dari dampak positif dan negatifnya
|
|||
10
|
Jika
dijawab hanya masing-masing 3 atau 4.
|
|||
10
|
Jika
jawaban salah
|
|||
2
|
Industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan
bahan mentah atau bahan setengah jadi menjadi barang jadi, barang jadi yang
memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Hasilnya berupa barang
dan jasa.
Contoh: perajin sepatu, mebel, alat rumah tangga dan
tahu tempe.
|
25
|
Jika jawabannya benar dan lengkap menyebutkan contoh
kegiatan industri
|
25
|
15
|
Jika hanya menjawab pengertian kegiatan industrinya
saja
|
|||
10
|
Jika jawabannya industri adalah suatu usaha yang
menghasilkan barang dan jasa.
|
|||
5
|
Jika jawaban salah
|
|||
3
|
Bentuk-bentuk industri:
a. Industri kecil (home industri) adalah industri berskala
kecil
Contoh: pengrajin sepatu, mebel, alat-alat rumah tangga, tempe, tahu
b. Industri besar adalah industri yang bermodal besar dan
memiliki banyak tenaga kerja
Contohnya: perusahaan tekstil, mobil, semen, elektronik
|
25
|
Jika jawabannya benar dan lengkap menyebutkan contoh
kegiatan industri
|
25
|
15
|
Jika jawaban benar tetapi tidak disertai contoh
|
|
||
10
|
Jika jawabannya tanpa penjelasan dan ada contohnya
|
|
||
5
|
Jika jawaban salah
|
|
||
TOTAL SKOR
|
100
|
2.
Nontes
a.
Bentuk
Bentuknya
penilaian produk (membuat peta pikiran dampak positif dan negative kegiatan
industri).
b.
Kompetensi yang
dinilai
a)
Pengetahuan
peserta didik tentang dampak positif dan negative kegiatan industri
b)
Keterampilan
peserta didik dalam mencari informasi dari teks bacaan
c)
Keterampilan
peserta didik dalam menyajikan informasi dalam bentuk peta pikiran
d)
Sikap
kemandirian peserta didik dalam menyelsaikan tugas.
c.
Kisi-kisi instrumen
Mata
Pelajaran : IPS
Materi
Pokok : Peristiwa
Penting Berkembangnya Kegiatan Industri
Kelas/Semester : V(lima)/I (satu)
Variabel
|
Indikator
|
Sub Indikator
(deskriptor)
|
Produk berupa peta pikiran
|
Isi dan Pengetahaun
|
·
Peta pikiran lengkap berisikan pemahaman
siswa tentang materi
·
Keseluruhan materi mudah dibaca dan
dipahami
·
Menambahkan gambar untuk melengkapi
|
Sikap
|
·
Peta pikiran dibuat dengan lengkap,
mandiri, cermat dan teliti
·
Diselsaikan sesuai batas waktu yang
ditentukan
·
Menambah kreatifitas untuk menjelaskan
materi
|
|
Keterampilan menulis
|
·
Peta pikiran yang sangat menarik, jelas
dan benar
·
Keterampilan membuat peta pikiran
·
Membuat peta pikiran yang tinggi dari
pembuatnya.
|
d.
Instrumen evaluasi produk
Mata Pelajaran : IPS
Materi Pokok : Peristiwa
Penting Berkembangnya Kegiatan industri
Kelas/Semester : V(Lima)/ I (satu)
Kelompok :
No
|
Aspek Penilain
|
Skor Max
|
Capaian
|
|||
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
|||
1
|
Isi dan Pengetahuan
|
4
|
|
|
|
|
2
|
Sikap
|
4
|
|
|
|
|
3
|
Keterampilan Penulisan
|
4
|
|
|
|
|
Jumlah
|
12
|
|
|
|
|
|
% Capaian
|
|
e.
Aspek dan rubric
penilaian
Aspek
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Isi dan pengetahuan
|
Peta pikiran lengkap dan berisikan
pemahaman peseta didik tentang materi. Keseluruhan materi mudah dibaca dan
dipahami. Peserta didik menambahkan gambar untuk melengkapi peta pikiran.
|
Peta pikiran lengkap dan berisikan
pemahaman peserta didik tentang materi. Keseluruhan materi mudah dipahami.
|
Peta pikiran sebagian lengkap dan
berisikan pemahaman peserta didik tentang materi . sebagian besar materi
mudah dipahami
|
Peta pikiran sebagian lengkap dan
berisikan pemahaman peserta didik tentang materi. Beberapa bagian sari materi
mudah dipahami
|
Sikap
|
Peta pikiran dibuat dengan lengkap,
mandiri, cermat, dan teliti, diselsaikan sesuai batas waktu, dengan beberapa
penambahan kreatifitas untuk menjelaskan materi.
|
Keseluruhan peta pikiran dibuat dengan
mandiri lengkap, cermat, dan teliti, diselsaikan sesuai batas waktu yang
diberikan
|
Sebagian besar peta pikiran dibuat
dengan mandiri, lengkap, cermat, dan teliti, diselsaikan sesuai batas waktu
yang diberikan
|
Hanya beberapa bagian peta pikiran
dibuat dengan mandiri, lengkap,
cermat, dan teliti, diselsaikan selsaikan sesuai batas waktu yang diberikan
|
Keterampilan penulisan
|
Keseluruhan peta pikiran yang sangat menarik,
jelas dan benar, menunjukkan keterampilan membuat peta pikiran yang tingggi
dari pembuatnya
|
Keseluruhan peta pikiran yang menarik,
jelas dan benar, menunjukkan keterampilan membuat peta pikiran yang baik dari
pembuatnya
|
Sebagian besar peta pikiran yang
dibuat dengan menarik, jelas, dan benar, menunjukkan keterampilan membuat
peta pikiran yang terus berkembang dari pembuatnya
|
Bagian-bagian peta pikiran yang dibuat
dengan menarik, jelas dan benar, menunjukkan keterampilan membuat peta
pikiran yang dapat terus ditingkatkan
|
ini mengangkat materi dari kurtilas atau KTSP ?
BalasHapusterimakasih,
BalasHapussangat bermanfaat,
JC
Nice one. https://www.ecomparemo.com/personal-loan
BalasHapusTerimakasih, membantu kok(•‿•)
BalasHapus